12 Maret, 2009

Wawanhati Caleg Katolik DPR RI & Daerah Jawa Tengah Dapil I Jawa Tengah dengan umat Kevikepan Semarang




Wisma Driyarkara, 8 Maret 2009
”Kita semua harus belajar jadi pemilih yang cerdas untuk mengikuti semua proses dan membuat langkah-langkah. Termasuk seperti hari ini, yang adalah sebuah langkah pencerdasan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat”. Hal ini disampaikan oleh Ketua Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan Keuskupan Agung Semarang (PK4AS) Rm. Raymundus Sugihartanto, Pr. dalam sambutannya pada acara Wawanhati Caleg Katolik DPR RI/ DPRD Propinsi Jawa Tengah di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng I, dengan umat Katolik Kevikepan Semarang, di Wisma Driyarkara Semarang.
Pemilu 2009 kali ini menjadi istimewa karena masyarakat dapat memilih langsung pribadi caleg-caleg yang ditawarkan melalui partai-partai. Akan tetapi di sisi lain, dengan banyaknya partai dan caleg yang ada, masyarakat menjadi kebingungan untuk menentukan pilihan. Apalagi tidak cukup tersedia informasi tentang para caleg tersebut. Dalam kondisi seperti ini masyarakat cenderung memilih caleg yang sudah mereka kenal. Banyaknya spanduk dan baliho tidak mampu memberi gambaran kepada masyarakat rekam jejak caleg yang bersangkutan. Umat sangat memerlukan forum untuk mengetahui visi misi para caleg yang ada.
Acara Wawanhati Caleg Katolik DPR RI/ DPRD Propinsi Jawa Tengah di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng I, dengan umat Katolik Kevikepan Semarang yang diadakan oleh pengurus Komisariat Cabang PEMUDA KATOLIK Kota Semarang pada tanggal 8 Maret 2009 adalah salah satu upaya membuka ruang bagi masyarakat khususnya umat Katolik untuk mengenal caleg-caleg yang akan bertarung di Dapil Jateng 1, bagaimana rekam jejak selama ini dan kompetensi mereka dalam mengemban fungsi-fungsi di DPRD Propinsi atau DPR RI.
Di sisi lain, bagi para caleg diharapkan melalui kegiatan ini mereka mengenali isu-isu dan aspirasi-aspirasi masyarakat Katolik, tempat dari mana mereka sebagai pribadi bersama bergulat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus sebagai sesama warga Gereja Katolik. Selain itu juga diharapkan mereka mampu menjadi inspirasi yang semakin mendorong umat untuk terlibat dalam proses-proses politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Dalam sambutannya Ketua Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kota Semarang menyatakan, Yohanes Kuswarih Samudro, SE menyatakan bahwa, ”Umat Katolik perlu secara cerdas dan rasional menentukan wakil-wakilnya dalam lembaga perwakilan dan tidak tergantung pada pastur semata.” Labih lanjut, dia mengatakan, “Bagi PEMUDA KATOLIK dasar pilihan yang rasional bagi umat sudah jelas yakni; caleg yang menjunjung tinggi nilai-nilai pluralitas dan multikultural, anti korupsi dan keterpihakan pada masyarakat kecil, lemah miskin, tertinggal dan cacat. Oleh karena itu, kami mengajak umat Katolik melihat dengan seksama rekam jejak pada para caleg yang benar benar melaksanakan nilai-nilai tersebut diatas.”
Acara Wawanhati Caleg Katolik DPR RI/ DPRD Propinsi Jawa Tengah di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng I, dengan umat Katolik Kevikepan Semarang, dihadiri oleh sekitar 120 orang yang adalah wakil-wakil paroki di Kota Semarang, Ambarawa, Salatiga dan Kendal, wakil-wakil kelompok kategorial dan unsur mahasiswa. Dari 16 orang Caleg yang diundang, yang bersedia hadir dan berinteraksi dengan umat hanya 5 orang yaitu; MA Ratna Ariani (Caleg DPR RI dari Partai HANURA), Katarina Surahmi Pujiastuti (Caleg DPR RI dari Partai Bintang Reformasi/PBR), Yosef Ari Wibowo (Caleg DPRD Jateng dari Partai Damai Sejahtera/ PDS), JP. Supriyanto (Caleg DPRD Jateng dari Partai Damai Sejahtera/ PDS) dan Yoris Sindu Sunarjan (Caleg DPRD Jateng dari Partai Bintang Reformasi/ PBR).
Dengan dipandu Oleh sdr. Benedictus Agung PS, kelima orang tersebut digilir secara adil menjawab beberapa lontaran pertanyaan yang sudah disiapkan oleh tim panelis yang terdiri dari; Prof. Dr. Budi Widianarko, Guru Besar Fakultas Teknologi Pangan Unika Soegijapranata; Prof. Dr. FX. Sugiyanto, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro; dan Imung Yuniardi, S.Sos, Alumni PMKRI dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen Semarang.
Acara dimulai tepat pukul 10.30. Hujan lebat sempat mengguyur pada pertengahan hingga akhir acara. Meski demikian rangkaian acara berlangsung dengan baik. Umat yang hadir masih tetap bertahan hingga akhir acara yang ditutup dengan berkat oleh Rm. Raymundus Sugihartanto, Pr pada pukul 14.00 WIB.
Kegiatan seperti ini memang menjadi salah satu program kerja PK4AS di tahun 2009. Acara serupa sudah dilaksanakan di tiap Kevikepan dan paroki-paroki yang dilaksanakan oleh masing-masing Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan Kevikepan maupun oleh Dewan Paroki dan umat yang peduli.
Dan diharapkan akan dilaksanakan disetiap Paroki di Keuskupan Agung Semarang agar tiap Pastor Paroki bersama dengan Dewan Paroki dapat memfasilitasi para Caleg supaya mereka dapat lebih dikenal umat khususnya di daerah pemilihan tempat Paroki berada, seperti yang diharapkan Sekretaris Eksekutif Kerawam KWI Rm. YR. Edy Purwanto, Pr pada kesempatan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar