01 Maret, 2009

Pengenalan CALON ANGGOTA LEGISLATIF (Caleg) DPRD Propinsi Jateng dan DPR RI dengan masyarakat Katolik Kevikepan Semarang, Keuskupan Agung Semarang.

Pemilihan umum tahun 2009 (PEMILU 2009), adalah salah satu kegiatan strategis dalam rangkaian Proses Demokrasi di Indonesia. Melalui PEMILU tersebut pelimpahan kekuasaan dan distribusi kewenangan dalam suatu Negara terjadi secara sehat.
Akan tetapi patut dicatat bahwa dalam suatu PEMILU multi partai seperti di Indonesia, banyaknya calon anggota legislatif (Caleg) dan partai politik cenderung membingungkan masyarakat sebagai pemegang mandat kekuasaan untuk menyalurkannya. Hal ini semakin kompleks dengan tidak cukupnya akses timbal balik antara caleg dengan masyarakat pemilih. Padahal, mengenal caleg bukan sekedar mengenal nama dan partai politik tempat caleg itu berasal. Pengenalan caleg lebih dalam dibutuhkan untuk mengetahui seberapa kompeten caleg tersebut nantinya berkiprah dalam perumusan legislasi, pengawalan perundang-undangan dan kinerja pemerintah serta penyusunan anggaran pembangunan.
Oleh karena itu, membuka akses timbal balik antara caleg dan masyarakat pemilih menjadi penting untuk dikerjakan. Kegiatan Pengenalan Caleg DPRD Propinsi Jateng dan DPR RI dengan masyarakat Katolik di Kevikepan Semarang, Keuskupan Agung Semarang dirancang untuk membuka ruang bagi caleg menjelaskan kompetensi mereka kepada masyarakat Katolik. Di sisi lain masyarakat Katolik bisa terbantu untuk menentukan pilihan sehingga dapat semakin cerdas dalam memilih wakil-wakilnya.
Pertimbangan untuk hanya mengusung caleg Katolik untuk DPRD Propinsi Jateng dan DPR RI adalah sebagai berikut:
  1. Bentuk sapaan Gereja melalui seluruh komponennya untuk mendorong dan mendukung putra-putrinya terlibat dalam ranah sosial politik
  2. Keterbatasan sumber daya penyelenggara untuk mengajak seluruh caleg di lingkungan Kevikepan Semarang yang dalam hal ini sebagian besar wilayahnya berada pada Daerah Pemilihan I (Kota Semarang, Kota Salatiga, Kab. Semarang, dan Kab. Kendal)
  3. Keterbatasan waktu untuk menggelar forum yang sama untuk DPRD Kota/ Kabupaten. Dengan harapan bahwa kegiatan ini bisa direplikasi oleh paroki-paroki yang memang ingin terlibat dalam proses politik.

Kegiatan ini bertujuan “Mengenalkan kompetensi Caleg Katolik dalam mengemban fungsi-fungsi di DPRD Propinsi dan atau DPR RI kepada masyarakat Katolik di Kevikepan Semarang, KAS”
Dengan kegiatan ini, diharapkan bahwa:

  1. Caleg Katolik mengenal isu-isu dan aspirasi-aspirasi masyarakat Katolik, tempat darimana mereka sebagai pribadi bersama bergulat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus sebagai sesama warga Gereja Katolik
  2. Masyarakat Katolik dapat mengenal kompetensi masing-masing caleg dan mampu secara kritis membandingkannya dengan caleg-caleg lain.
  3. Mendorong umat untuk semakin terlibat dalam proses-proses politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bentuk kegiatan yang direncanakan adalah Forum Debat Caleg dengan satu tim panelis dan dipandu seorang moderator.
Alur kegiatan yang direncanakan adalah sebagai berikut:
Pemaparan Visi dan Strategi caleg
Tanggapan caleg atas pertanyaan Panelis untuk masing-masing caleg mengenai isu-isu tertentu. Panelis yang direncanakan adalah :

  1. Prof. Dr. Budi Widianarko (untuk isu Lingkungan Hidup
  2. Prof. Dr. Agnes Widhanti (untuk isu Hukum)
  3. Prof. Dr. FX. Sugiyanto (untuk isu Ekonomi)
  4. Ir. Widya Wijayanti, MPH., MURP (untuk isu Tata Ruang)
  5. Dr. JC. Tukiman Taruna S (untuk isu Kebudayaan dan Pendidikan)
  6. Ben. Agung Prasetyo S, S.Psi (moderator)

Tanggapan umum masyarakat Katolik dengan pembatasan waktu
Kebutuhan total waktu efektif untuk kegiatan ini adalah 4 jam efektif.
Kegiatan akan diselenggarakan pada Hari Minggu, 08 Maret 2009.
Tempat kegiatan direncanakan menggunakan WISMA MAHASISWA DRIYARKARA, sekretariat Komisariat Cabang PEMUDA KATOLIK Kota Semarang. Jl. dr. Cipto no 238 Semarang.
Peserta kegiatan adalah :

  • 6 caleg Katolik untuk DPR RI dari Dapil Jateng I dan 7 caleg Katolik untuk DPRD Propinsi jateng dari Dapil Jateng I.
  • seluruh Dewan paroki di wilayah Kevikepan Semarang, khususnya yang berada dalam wilayah Dapil Jateng I (Kota Semarang, Kota Salatiga, Kab. Semarang dan Kab. Kendal)
  • seluruh umat baik yang tegabung dalam komunitas-komunitas awam maupun rohaniwan/ rohaniwati.
  • seluruh komunitas mahasiswa Katolik dan Orang Muda Katolik di wilayah Dapil Jateng I.
Kegiatan ini deselenggarakan oleh Komisariat Cabang PEMUDA KATOLIK Kota Semarang yang didukung oleh; DPC PMKRI St. Gregorius Semarang, DPC WKRI Kota Semarang, FMKI Kota Semarang, ISKA Cabang Kota Semarang, PK4 Semarang, PK4AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar